Jumat, 15 April 2011

Kristen Ortodok Syiria Di Indonesia

Saat Maghrib telah tiba. Belasan orang di Hotel Sahid Surabaya itu bergegas shalat. Semuanya berkopiah dan dipimpin seorang imam. Jangan keliru, mereka bukan kaum Muslimin yang edang menunaikan kewajiban shalat Mahgrib. Mereka adalah jamaah Kanisah Ortodoks Syiria (KOS), sebuah sekte dalam agama Kristen.


Sumber: MEDIA CETAK edisi September 2003

Bisa jadi, orang awam akan terkecoh. Sebab, sekte ini memang sangat mirip Islam. Bukan saja asalnya serumpun, Timur Tengah, tapi juga ritual dan tatacara peribadatannya nyaris sama.

Tengoklah saat mereka shalat. Selain berkopiah dan dipimpin seorang imam, bila berjamaah, juga memakai bahasa Arab. Rukun shalatnya pun nyaris sama.

Ada ruku' dan sujud. Bedanya, bila kaum Muslimin diwajibkan shalat 5 kali sehari, penganut KOS lebih banyak lagi, tujuh kali sehari setiap tiga3 jam masing-masing dua rakaat. Mereka menyebutnya: sa'atul awwal (fajar/shubuh), sa'atuts tsalis (dhuha), sa'atus sadis (dhuhur), sa'atut tis'ah (ashar), sa'atul ghurub (maghrib), sa'atun naum (Isya'), dan sa'atul layl (tengah malam).

Hal yang sama juga pada praktik puasa. Puasa wajib bagi pemeluk Islam dilakukan selama sebulan dalam setahun, dikenal dengan shaumu ramadhan. Sedang pada KOS disebut shaumil kabir (puasa 40 hari berturut-turut) yang dilakukan sekitar bulan April. Jika dalam Islam ada puasa sunah Senin-Kamis, pada KOS dilakukan pada Rabo-Jum'at, dalam rangka mengenang kesengsaraan Kristus.

Selain shalat dan puasa, jamaah KOS juga mengenal ajaran zakat. Zakat, dalam ajaran KOS, adalah sepersepuluh dari pendapatan bruto.

Tidak sebatas itu saja. Kalangan perempuan pemeluk KOS, juga mengenakan jilbab plus pakaian panjang ke bawah hingga di bawah mata-kaki. Pemeluk KOS mempertahankan Kitab Injil berbahasa asli Arab-Ibrani: Aram, sebagai kitab sucinya. Model pengajian yang dilakukan pemeluk KOS juga tidak berbeda jauh dengan ala pesantren di Indonesia. Mereka melakukan dengan cara lesehan di atas tikar atau karpet. Ini tidak pernah didapati pada 'pengajian' pemeluk Kristiani di Indonesia yang lazim duduk di atas kursi atau balkon.

Bambang Noorsena [36], seorang Syekhul Injil (penginjil) KOS yang pertama kali memperkenalkan ajaran KOS di Indonesia, kepada Sahid mengatakan, di antara kedua agama [Islam dan KOS] memang mempunyai kesamaan sejarah, etnis serumpun, dan kultur (budaya). Adanya Pan-Arabisme di Timur Tengah, misalnya, ternyata bukan ansich milik kalangan Muslim. Pemeluk KOS pun, turut memiliki Pan-Arabisme itu. Salah satunya, kalangan KOS turut menyesalkan sikap Israel yang hingga sekarang ngotot menduduki jalur Ghaza milik penduduk Palestina.

Menurut Prof Dr Nurcholis Madjid, agama Nasrani itu makin klasik makin banyak kemiripannya dengan Islam. "Aliran KOS itu justru lebih murni ketimbang Kristen yang berkembang di Barat," ujar Ketua Yayasan Paramadina asal Jombang yang akrab dipanggil Cak Nur itu.

Sementara Jalaluddin Rahmat, tidak merasa kaget terhadap adanya banyak kesamaan antara Islam dengan KOS. Pada zaman dulu, kata cendekiawan dari Bandung ini, orang-orang Islam di Yordania, Syria, dan Lebanon hidup berdampingan dengan orang-orang Kristen, yang dikenal dengan Kristen Monorit. Mereka melakukan tatacara peribadatan hampir mirip dengan cara beribadah umat Islam.

Dengan banyaknya kemiripan itu, tak heran bila KOS lebih bisa diterima di kalangan Muslim di Indonesia. Setidaknya, setiap bulan KOS diberikan kesempatan tampil dalam 'Forum Dialog Teologis' yang diselenggarakan Yayasan Paramadina, Jakarta. "Kami sangat berterima kasih dan menaruh hormat kepada orang-orang Islam yang bersedia menerima kehadiran KOS dengan lapang hati dan terbuka," ujar Bambang.

Anehnya, di kalangan Kristen sendiri KOS malah kurang bisa diterima, bahkan dicurigai. Tengoklah pernyataan Direktur Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Protestan Departemen Agama RI, Jan Kawatu. Menurut Jan, aliran tersebut belum tercatat dalam komunitas Kristen di Indonesia.

Jan juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang disampaikan kepada para notaris. Isinya, agar mereka tidak mengesahkan berdirinya sebuah yayasan atau lembaga Kristen sebelum mendapatkan izin resmi dari Direktur Bimas Kristen. "Izin itu diperlukan untuk mengetahui siapa mereka, apa tujuannya, dan macam apa alirannya," kata Jan Kawatu seperti dikutip Gatra [14/3/98]. Dan, masih menurut Jan, bahwa Bimas Kristen-Protestan sudah menutup pintu bagi aliran baru.

Tetapi, kalangan KOS sendiri agaknya tak mau ambil pusing dengan surat edaran Dirjen Bimas Kristen-Protestan itu. Mereka menilai, pelarangan itu lebih bersifat politis. "Karena di Indonesia telah ada terlebih dahulu Kristen Ortodoks Yunani. Hanya saja, selama bertahun-tahun tidak menunjukkan perkembangan berarti. Sedang KOS, kendati baru beberapa tahun, tapi cukup bisa diterima masyarakat dan terus berkembang," papar Henney Sumali (37), Ketua Yayasan KOS Surabaya.

Sementara Bambang menambahkan, saling curiga di antara sekte di Kristen itu merupakan penyakit lama. Kristen Timur &emdash;KOS termasuk di dalamnya&emdash; juga menaruh curiga kepada Kristen Barat (umumnya dianut Kristen di Indonesia). Menurut Bambang, Kristen Barat telah mengalami helenisasi (pembaratan), untuk kepentingan imperialisme. Terjadinya Perang Salib, misalnya, tetap dicurigai kalangan Kristen Timur hanya semata sebagai kedok Barat yang memakai agama untuk kepentingan imperialisme mereka.

Meskipun Dirjen Bimas Kristen telah menyebarkan surat larangan kepada para notaris, nyatanya KOS tetap bisa mengantongi akte pendirian. Yakni melalui notaris Gufron Hamal, SH, di Jakarta pada 17 September l997. Melalui yayasan inilah, Bambang yang kelahiran Ponorogo ini terus mensosialisasikan KOS ke khalayak ramai. Yang kerap mereka lakukan adalah lewat kajian-kajian, misalnya melalui 'Pusat Studi Agama dan Kebudayaan' (Pustaka) di Malang (1990-1992). Kini, kajian itu sudah merambah Jakarta dan Surabaya.

Tetapi soal pengikut, diakui Bambang, memang belum cukup banyak, baru sekitar 100 orang. Tapi kalau simpatisan, sudah mencapai ribuan. Untuk menjadi pengikut resmi KOS di Indonesia belum bisa dilakukan, karena KOS di Indonesia belum mempunyai imam dan gereja. Padahal untuk bisa menjadi pengikut resmi KOS harus melewati prosedur pembaptisan seorang Imam. Di Indonesia, kata Bambang, yang kini tinggal di Malang, baru bersifat 'studi atau kajian KOS'. Sebab itu, untuk sementara ini bagi jamaah KOS yang ingin menjadi pengikut resmi KOS harus melalui prosedur pembaptisan Abuna Abraham Oo Men di Singapura.


LAHIRNYA PAHAM ORTODOKS

Sejarah menyebutkan, paham ortodoks lahir dari perselisihan antara Gereja Alexandria, Gereja Roma, dan Kaisar Konstantin. Puncaknya, pada masa Kaisar Bizantium Marqilanus (450-458 M) seabad lebih sebelum Nabi Muhammad lahir di Mekkah (571). Kala itu, tepatnya pada tahun 451, diadakan Majma Khalkaduniyah (Konsili Kalkedonia) dalam hal ketuhanan. Buntut dari konsili ini menimbulkan perpecahan di antara gereja-gereja yang sulit disatukan kembali.

Nah, rupanya, sejak inilah umat Kristen terpecah menjadi dua. Di satu pihak berpusat di Roma dan Bizantium, dipimpin Bapa Laon (440-461). Kelompok ini mengakui, al-Masih mempunyai dua sifat: Tuhan dan manusia. Kelompok ini kemudian lebih dikenal dengan Kristen dan Katholik.

Di pihak lain, berpusat di Alexandria dan Antakia di bawah pimpinan Bapa Disqures (444-454 Masehi). Kelompok ini berpegang kuat pada sifat tunggal bagi al-Masih. Mereka tidak setuju dengan aliran Kristen yang mengakui sifat Tuhan sekaligus manusia. Kelompok inilah yang kemudian dikenal dengan kelompok ortodoks. Nama 'ortodoks' dipakai karena berarti: menganut ajaran agama yang dianggap benar, yang asli. Karena itu, penganut ortodoks mencoba untuk hidup secara lurus, sesuai dengan tuntutan awal dari kelahiran agamanya.

Penganut ortodoks sendiri terdiri atas beberapa toifah (komunitas berdasarkan kesamaan kultur, tradisi, bahasa, dan bangsa). Karenanya ada toifah Koptik, Syrian, Armenian, dan Habasah. Sedang 'aqidahnya' sama.

Kanisah Ortodoks Syria (KOS) mengklaim punya bukti sejarah, bahwa Injil yang pertama berbahasa Arab Syria. Menurut mereka, bahwa al-Masih &emdash;kalangan penganut KOS pantang menyebut Nabi Isa as dengan Yesus seperti lazimnya digunakan penganut Kristen Katholik/Protestan, tetapi lebih suka menyebutnya dengan al-Masih atau Sayyidina Isa al-Masih; berbicara dengan menggunakan bahasa Syria. Injil diterjemahkan ke dalam bahasa Arab pada tahun 643. Hingga sekarang, Injil yang digunakan penganut paham Ortodoks Syria, Irak, Lebanon, dan Mesir, adalah berbahasa Arab. Memang, antara bahasa Syria dan bahasa Arab terdapat kemiripan dan persamaannya.

Di Indonesia, KOS mulai diperkenalkan secara resmi oleh Bambang Noorsena. Berdasarkan akte notaris tertanggal 17 September 1997, Bambang mulai memperkenalkan KOS. Sebelumnya, selama 2 tahun (1995-1997), alumnus Fakultas Hukum Universitas Kristen Cipta Wacana Malang ini, keliling ke Timur Tengah, di antaranya Suriah, Damaskus, Mesir, Yordan, Libanon, Palestina, dan Israel untuk mempelajari pola-pola ajaran KOS. Karena di Indonesia belum mempunyai gereja, kerapkali pengajian-pengajian jamaah KOS ini dilakukan di hotel: di Jakarta, Surabaya, maupun Malang. Sebab itu pula keberadaan KOS di Indonesia masih berbentuk lembaga studi dengan nama 'Studia Syriaca Ortodoxia' berpusat di Malang, Jawa Timur.

Pemimpin tertinggi KOS adalah Patriakh, yang sekarang dipegang oleh Patriakh Mar Ignatius Zakka I Iwas di Suriah. Berdasarkan Konstitusi 1991, KOS terdiri atas 20 keuskupan yang tersebar di seluruh dunia. Di bawah uskup ada abuna (pemimpin). KOS di Indonesia belum sampai ke tingkat abuna, karena belum mempunyai gereja. Yang ada, kata Bambang, baru sebatas Syekhul Injil (penginjil). Itu sebabnya, untuk menjadi penganut KOS di Indonesia terlebih dulu dilakukan proses pembaptisan oleh Abuna Abraham Oo Men di Singapura


KOS di Mata Pengikutnya

Henney Sumali (37)

Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya [1988] ini Ketua KOS Surabaya. pria dibesarkan dari lingkungan keluarga Kristen Protestan ini mengaku, tertarik dengan KOS baru setahun lalu [1998]. Berikut kisahnya:

Sejak kecil saya hidup dalam keluarga penganut Kristen-Protestan yang taat. Namun, saya masih ingin mengembarakan naluri beragama saya itu. Hanya satu yang saya tuju, mencari kepastian dalam menuju keselamatan hidup dunia-akhirat. Bertahun-tahun lamanya, tapi belum juga ditemukan kecocokan. Hingga kuliah, belum juga ketemu.

Pada suatu ketika dalam suatu pertemuan di Surabaya, tepatnya Mei 1998, saya bertemu dengan Mas Bambang Noorsena. Dari perbincangan dengan Mas Bambang itu, kemudian berlanjut dengan saya datang ke rumahnya, di kawasan Jalan Supriadi di Malang. Dari situlah terjadi dialog teologi. Mas Bambang banyak cerita tentang Kanisah Ortodoks Syria (KOS) dan pengalaman spiritualnya sebelum (Bambang sebelumnya penganut Kristen-Protestan) dan sesudah mempelajari KOS di Timur Tengah.

Dari situ, saya menjadi tertarik. Karena menurut saya, sekalipun Kristen-Protestan yang selama ini saya peluk merupakan rumpun agama samawi, namun belum saya temukan kepastian iman. Tapi, di KOS saya seakan menjadi terbuka dan menemukan ikhwal kepastian dalam menuju kehidupan dunia akhirat. Saya juga menemukan hakikat iman yang selama ini saya cari. Bahwa Isa al-Masih &emdash;yang menurut pemeluk Kristen-Protestan disebut Yesus adalah anak Tuhan&emdash; dihadirkan ke dunia, menurut KOS dipahami sebagai Nuzul Tuhan (penyampai firman Tuhan). Tuhan itu Esa. Tidak sama atau tidak bisa disamakan dengan makhluk. Karena kalau Tuhan sama dengan makhluk. Berarti bisa fana (binasa). Saya memahami Isa al-Masih itu, tidak berbeda halnya dengan Nabi Muhammad dalam Islam. Muhammad dihadirkan ke dunia sebagai penyampai firman Tuhan.

Saya tidak beragama Islam. Tapi, saya menemukan "islam" dalam KOS. Bahwa, apa yang saya yakini dan lakukan sehari-hari sebetulnya sudah inheren dengan "islam" (KOS memakai nama islam dengan huruf "i" kecil, sebab kalau "I" besar itu identik dengan "Dienul Islam" yang dibawa Nabi Muhammad saw). Karena hakikat "islam," dalam KOS, artinya: berserah diri pada Allah. Jadi, apa yang saya jalani ini tidak lepas dari tuntutan.





CARA SHALAT ORTODOKS SYRIA

1. Adapun tata cara salatnya dimulai dengan posisi berdiri yang dipimpin oleh seorang imam berpakaian jubah warna hitam. Imam meletakkan kedua tangan di dada, membuat tanda salib, lalu mengucapkan lafaz dalam bahasa Arab: Bismil Abi wal Ibni wa Ruhil Quddus Ilahu Wahid (Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Allah Yang Maha Esa). Jamaah menyambutnya: Amin.

2. Imam melanjutkan berdoa dengan mengangkat kedua tangan dan disahuti oleh jamaah.

3. Setelah membuat tanda salib berikutnya, imam membungkukkan badan seperti posisi ruku, dan mengucapkan: Quddusun Anta, ya Allah (Kuduslah Engkau, ya Allah). Jamaah menyahut dengan menyucikan nama Allah Yang Mahakuasa, Yang Tak Berkematian. Jamaah memohon kasih sayang Allah yang telah disalibkan sebagai ganti umat manusia.

4. Imam berdiri tegak dan menadahkan tangan lagi.

5. Lalu imam bersujud, dan diikuti seluruh jamaah. Ketika bangun dari sujud, imam membaca Subhanaka Allahumma (Mahasuci Engkau, ya Allah), jamaah menyahut bersamaan. Sambil menadahkan tangan, imam dan jamaah membaca Doa Rabbaniyah (Doa Bapa Kami versi bahasa Arab).

6. Selanjutnya dibaca Salam Walidatullah (atawa Salam Maria).

7. Imam kemudian membaca petikan Zabur (alias Mazmur dalam bahasa Aramaik), dan salat pun berakhir.

112 komentar:

  1. Balasan
    1. Belajarlah sebelum kau memvonis suatu kaum, janganlah keterbatasan pengetahuanmu menyebabkan kau berbuat dzalim tanpa kebenaran, sesungguhnya kewajiban shalat dalam Islam adalah kelanjutan kewajiban yang sama terhadap umat terdahulu.

      Hapus
    2. Jangan cepat menghakimi sesama manusia... Bagaimanapun mereka tetap umat Kristen.

      Hapus
  2. berbuatlah sesuka hati kalian orang2 kafir Kristen, ISLAM sudah dijaga oleh ALLAH..kalian tidak akan pernah mampu berbuat apa2..
    ingatlah bahwa kalian sudah dinobatkan menjadi pewaris tunggal Jahannam..nantilah saat itu pasti kan tiba..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dijaga ALLAH adalah orang yg penuh kasih dan kita tdk bisa menghakimi pewaris tunggal jahannam, karena yg menjadi hakim tunggal akhir zaman adalah Isa Almasih AS

      Hapus
    2. Sesungguhnya hakim yang seadil-adilnya adalah ALLAH SWT. Dia lah yang maha ESA, tidak beranak dan tidak di peranakan. tak ada satu mahlukpun yang mampu menandingi keadilannya. HANYA ORANG-ORANG BODOH yang mengatakan bahwa hakim tunggal akhir zaman adalah seorang mahluk seperti isa almasih yang mana isa almasih adalah seorang mahluk yang terikat ruang dan waktu.

      Hapus
    3. Bisa-bisa kamu tahu bahwa orang Kristen adalah Pewaris Jahanam. Jika kamu lihat perbuatan Bunda Theresa, itu pewaris Jahanam, dan kersukan FPI itu kamu sebut ahli Waris Surga?. Saya Muslim tapi saya sama sekali tidak suka Komentar anda

      Hapus
    4. Bukankah Alquran telah menyebutkan bahwa nabi Muhammad SAW belajar tentang agama dari seorang pamannya yg beragama NASRANI ? Waraqa bin Naufal ( paman dari Siti khadijah ) adalah seorang pendeta kristen koptik pada saat itu . Nabi Muhammad lah yg telah memodifikasi ajaran kristen koptik

      Hapus
    5. @guntur Wijaya , sebaiknya anda baca dulu surah Al zukhruuf , siapakah hakim yang Adil , apakah Allah SWT atau isa as ...?

      Hapus
    6. @Gerby Lumban Gaol: Menurut Islam, Nabi Muhammad tidak memodifikasi ajaran agama nabi2 sebelumnya, tetapi meluruskan (yang telah disimpangkan oleh umat saat itu) dan menyempurnakan sebagai agama untuk seluruh alam, karena islam = berserah diri (kepada Allah SWT).
      Yang benar adalah Surat Az-zukhruf (dengan 1 u karena artinya menjadi berbeda, sebanyak 89 ayat), bercerita tentang hari kiamat, umat2 nabi2 terdahulu (umat Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa). Tidak ada satu ayat pun yang mengatakan bahwa Nabi Isa lebih tinggi dibandingkan Allah SWT. Bahkan pada ayat 24 (tentang Nabi Isa, putra Maryam): "Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus."
      Jika Anda percaya bahwa Kristen adalah jalan keselamatan, Anda tidak perlu menggunakan sejarah Islam atau ayat2 Alquran untuk membuktikannya. Apalagi jika Anda hanya membaca dari sumber2 yang tidak/kurang dapat dipercaya/dipertanggung jawabkan. Peace....

      Hapus
    7. Kalau tuhan itu tiga ngaco jalannya alam ini, yg satu mau lurus yg satu lagi ke kiri n yg lain mau ke kanan

      Hapus
  3. terima kasih sudah mampir di Blog sederhana ini.

    saya minta maaf.. tidak bisa lagi dan sangat jarang sekali On Line.

    BalasHapus
  4. keneraka la kalian wahai kaum2 kafir bodoh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersikap tenang dan bersabarlah saudara, tahukah anda siapa Yesus (Nabi Isa Al Masih) dan apa yang diajarkan beliau kepada umatnya? Sesungguhnya inti dari ajaran Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW adalah sama, hanya tentu saja yang terakhir lebih lengkap. Kalau anda melihat pengikut Nabi Isa melaksanakan shalat, membayar zakat dan berpuasa apakah itu salah? Di mana letak kesalahan mereka? Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum membutakan mata dan hatimu kawan, jangan sama ratakan semua Nasrani karena di kalangan mereka terdapat golongan yang teguh mempertahankah akidah, biasa disebut Kristen Orthodoks Timur.

      Hapus
    2. anda jangan salah menafsirkan kos yg anda bilang agak mirip islam, sama sekali tidak walao pada bebrapa ritual, tp jelas ajaran dan iman beda jauh dengan islam, tulisan diatas jg tidak tepat karna bukan bambang noorsena yg nulis, kos memang menolak kemanusiaan yesus tp mereka percaya hanya Dia jalan kebenaran dan hidup tak ada seorangpun yg datang ke bapa tanpa melalui nya,
      yesus dan bapa adalah satu, beda kos dengan katolim dan protestan adalah kos tak menyetujui pribadai yesus adalah manusia tetapi katolik dan protestan mengimani yesus adalah manusia ketika berada di bumi.
      sebenarnya mereka tetep sama entah katolik ortodox dan protestan yg memnbedakan hanyalah liturgi dan tata cara ibadah.
      sy sendiri protestan tp sangat respec sekali sama saudara sy ortodox maupun katolik, kami sama sama percaya yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup yg rela turun kedunia untuk menebus dosa manusia..

      Hapus
    3. Mari mencuri,dosanya sudah ditebus,aman dech!!!

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. @agus koramil . Ajaran Yesus dengan ajaran Nabi Muhammad saw sangat jauh berbeda ( seperti langit dan bumi bedanya , bro ) , nabi Muhammad dalam sejarah islam , Alquran maupun hadist .. menerangkan bahwa beliau adalah seorang PEMBUNUH , PERAMPOK dan PEMERKOSA . ( silahkan anda baca surah Al Fatah 20 ) fa'i adalah harta hasil rampokan yang dijadikan oleh Allah swt sebagai REZEKI yang berlimpah bagi pengikut sang Nabi
      Lagian dalam surah Al araaf 186 ,dikatakan bahwa Allah swt akan menyesatkan sebagian umatnya dan membimbing sebagian yg lain . ... Tuhan kok menyesatkan ?

      Hapus
    6. Lu kristen yg sok tau tentang islam silahkan lu urus dulu agama ente agama aja blum di urus mau ngurus agama saya
      Bagimu agamamu bagi agama ku jdi jngn sok tau lu

      Hapus
  5. shalom alekem..
    mohon maaf,,mau tanya tentang tempat ibadahnya di mana ya??
    saya seorang kristen protestan yang ingin mendalami KOS...
    Trima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf saudara Febryan, tidak ada paksaan dalam beragama, kita hanya boleh menyampaikan kebenaran tapi tidak dengan cara memaksa kerana hidayah hanya milik Allah semata.

      Hapus
    3. Silahkan dibaca ini adalah dalil Al-Quran, adakah yang berani menyanggah kalimat tuhanku?

      Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

      وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

      “Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]

      Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

      َاْلإِسْلاَمُ يَعْلُوْ وَلاَ يُعْلَى.

      “Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.”



      Sumber: https://almanhaj.or.id/1328-islam-adalah-satu-satunya-agama-yang-benar-1.html

      Hapus
  6. Bukankah telah di terangkan sejelas-jelasnya oleh Allah SWT di dalam al quran surah ar-rum???? Inilah umat Rum itu... Wahai umat muslim perbanyak lah mengaji dan mengkaji... Dan jgn lah kalian saling mengkafirkan... Tiada hak bagimu kecuali engkau bagian dari mereka(kafir)

    BalasHapus
  7. Tuhan menciptakan kita bersuku berbangsa dan agama untuk saling mengenal dan orang yg paling mulia disisi Tuhan adlah org yg toleran dan disiplin dan berbuat adil(bertaqwa)

    BalasHapus
  8. anjing bangsat . ajaran tolol.babi anjing binatang . calon penghuni neraka

    BalasHapus
  9. Astagfirullah...dosa besar menyamakan tuhan selain Allah SWT, bertobatlah mas/mba sebelum azab datang

    BalasHapus
  10. KOS mungkin adalah agama yg di turunkan Allah melalui nabi ISA As. Tapi Kenapa Allah menurunkan Al-Quran melalui nabi Muhammad, karena Injil sudah tdk terjaga kemurniannya. Al Quran adl kitab suci agama Islam, kenapa kita tidak lebih mendalami agama yang sudah disempurnakan oleh Allah SWT. Apalagi KOS memiliki paham yg sama Tuhan itu Esa, bukannlah nabi Isa As yg manusia juga. Sy tdk mau bilang KOS itu sesat atau apalah.. tapi kalau KOS mengklaim agama kristen yg msh murni, kenapa tidak kalian coba cari tahu Islam itu apa. Islam adalah agama terakhir dan kitab suci nya adl Al-Quran (kitab suci yg sdh disempurnakan dr kitab2 sebelumnya).
    Ibarat gadget..kita pasti membeli yg sdh paling canggih..yg sdh di sempurnakan dr teknologi2 sblmnya. Itulah ISLAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar adanya..
      Semua pasti akan membeli Gadget yang sudah paling canggih.
      Tapi tetep juga kembali kepada manusianya itu sendiri, mampu enggaknya mengoprasikannya (Gadget).
      Karena ada sebagian dari kita yang diberi kelebihan mampu dan bisa membeli langsung Gadget yang paling canggih, naaahh... Disaat mereka melihat Gadget jadul merasa tinggilah komentar mereka.

      Tapi..
      Entahlah, tapi saya suka komentarnya.
      Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. klaim sepihak hanya untuk membenarkan iman anda sendiri, ada baiknya belajar lebih dalam lagi kalo anda pengen kenal seseorang anda harus tau tentang dia, bukankah begitu.
      ato cuman dari katanya dan katanya.

      Hapus
  11. Semua agama d mata penganutx it bnar hnya org" yg ad dlm agma it yg mnyalahkn . Cntohx islam kta islam tp mngpa tdk mnjlankn ap yg tlah d printahkn Allah , dn mnjauhi sgla lranganx , semua agma.d cptakn hnya untuk bepham 1 . Cba lah gli ap makna dr lafad( الله) d patah ا ل ل ه cba klian agan" lbih dlm tntang hakekat lafad i , semua mnusia it d cptakn hnya untuk 1 berbakti kpd Allah SWT , nbi isa as , hnya pnyampai . Mnfpa klian smbah . Ap tdk lbih baik klian mnyembah kpda pmbuat isa , sperti halya klian mnyukai baju yg sngt bgus . Tp mngpa kmu tdk mngagumi pmbuatx . It lah slahx kliqn , hnya mngagumi yg nyata , sdangkn Allah tdk wujud klian kesampikan . Masyaallah ..... Jka seandainya Allah brwujud klian pilih mna nabi isa ap Allah azawajalla , sng kholik , pencipta d atas sgla yg mnciptakan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum maaf pak irawan edy MK.. mau koreksi, salah satu dari 20 sifat wajib bagi Allah itu Wujud. jadi saya pikir anda salah kalau anda menganggap Allah tidak berwujud. Subhanallah..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Assalamu'alaikum maaf pak irawan edy MK.. mau koreksi ,salah satu dari 20 sifat wajib bagi Allah itu Wujud. jadi saya pikir anda salah kalau anda menganggap Allah tidak berwujud. Subhanallah..

      Hapus
    5. Maksud dari pak Irawan bukan mengesifatkan Tuhan tidak berwujud, mungkin pak Irawan hanya mau mengibaratkan saja.

      Dan saya yakin sekli kalo pak irawan juga paham betul soal sifat sifat Tuhan.
      Saya menangkapnya seperti itu.

      Hapus
    6. untuk apa kita mengimani sesuatu yg tak berwujud,
      Tuhan semesta alam pastilah Dia berwujud.
      dia maha segalanya

      Hapus
    7. untuk apa kita mengimani sesuatu yg tak berwujud,
      Tuhan semesta alam pastilah Dia berwujud.
      dia maha segalanya

      Hapus
  12. apa sih maunya umat kristus, klo dulunya dia mati di kursi listrik bukan disalib oleh yahudi, mungkinkah simbol salib diganti dengan kursi listrik, dari mana ajaran ini yesus digambarkan sebagai org barat yang berambut gondrong yg sedang disalib apakah jaman kristus lg disalib ada juru foto sehingga gambar kristus bisa jdi kyak org brat berambut gondrong kan aneh. belum lagi masalah KOS mengapa mereka melakukan semua ini 1. mencari domba tersesat yang akan di kristenisasi, 2. memfitnah muslim 3. menyebarkan agama sesat dri kristus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. EHhhee...
      Saya suka dengan komentar anda (y).. Sepertinya anda sudah banyak membaca juga :D

      #salut.. Lanjutkan

      Hapus
    2. baca komik dari mana anda bisa bilang seprti itu, kalo pengetahuan anda cetek akan sangat susah memahaminya..
      sejarah mencatat tentang penyalipan yesus dalam bentuk manuskrip dan lainya

      Hapus
    3. baca komik dari mana anda bisa bilang seprti itu, kalo pengetahuan anda cetek akan sangat susah memahaminya..
      sejarah mencatat tentang penyalipan yesus dalam bentuk manuskrip dan lainya

      Hapus
    4. Salib mempunyai makna: secara vertikal menggambarkan hub.manusia dg Allah, dan horisontal mempunyai makna hub.manusia dg manusia. Yesus Isa Almasih adalah perwujudan salah satu dari Asma ul husna : alva dan omega , yg awal dan yg akhir. Yesus adalah Immanuel yaitu Allah yg selalu menyertai kita. DIA pemegang kunci neraka, klo DIA sdh membuka tak seorangpun dpt menutupnya dan bila DIA sdh menutupnya tak seorangpun yg dpt membukanya. DIA lah yg maha kuasa pencipta langit dan bumi. Dan bumi dijadikannya sbg tumpuan kakiNya sesuai firman yg tertulis dlm Alkitab.

      Hapus
    5. Seandainya saya tau dari dulu di Indonesia masih banyak orang sok kritis padahal rasis. Mending saya menganut Atheisme saja kan lebih baik. Tidak memiliki agama. Dan kalau mati ya mati saja. Hidup berdasarkan moral dan etika. Jadi tidak ada aturan agama.
      Hanya perumpamaan, dimana tolenransi beragama seperti dulu...

      Hapus
  13. Assalamualaikum...agamaku..agamaku..! & agamamu...agamamu..! Itu ketetapan vertikal. Horisontalnya damai sesama manusia itu indaaaahhh..walaupun berbeda.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum...agamaku..agamaku..! & agamamu...agamamu..! Itu ketetapan vertikal. Horisontalnya damai sesama manusia itu indaaaahhh..walaupun berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahai kaum yang berfikir dengan akal sehat,cobalah dengar ini,,nabi muhammad saw pernah bersabda bahwasannya,,kaum yahudi berpecah menjadi 71golongan,70 masuk neraka,1golongan masuk surga.
      Kaum nasrani berpecah menjadi 72 golongan,71 masuk neraka,dan 1 golongan masuk surga.
      Kaum islam berpecah menjadi 73 golongan,72 golongan masuk neraka,dan 1 golongan masuk surga,lalu sahabat bertanya,siapakah yang 1 itu wahai rasul??
      Mereka adalah yang mengikuti jalanku(nabi muhammad saw) dan jalan para sahabatku.



      Nabi muhammad Allah utus sebagaj nabi terakhir,alias nabi penutup dan ajaran agama yang dibawa oleh nabi muhammad saw adalah ajaran yang lengkap tanpa cacat,tanpa kurang suatupun,,dan ajaran ini menjadi pembaharuan bagi semua umat manusia,,dan para nabi sejak dlu selalu berdakwah utk menuhankan Allah semata,tidak boleh Allah disamakan dengan makhluknya,baik itu manusia,dll.

      Nabi isa as pun demikian,yg beliau ajarkan selama beliau hidup adalah agar umatnya hanya menyembah Allah semata,,dan tidak menyekutukan Allah dengan makhluknya,apa lagi menyekutukan Allah dengan dirinya yang hanya manusia biasa..

      Wahai kaum nasrani,nabi isa as belum sungguh2 mati,dia tidak pernah disalib,yg mati disalib adalah lelaki munafik yang ingin nabi isa mati dengan mengenaskan ditangan pemimpin dimasa itu,namun Allah berkehendak lain,Allah kaburkan penglihatan para tentara yang datang ingin menangkap nabi isa as,dan Allah buat wajah lelaki munafik td seolah2 mirip nabi isa as,jadilah lelaki munafik td yang ditangkap dan disalib,jadi selama ini yang kalian sembah bukanlah nabi isa as,melainkan lelaki munafik yang ingin nabi isa mati dengan kejam. Dialah lelaki yang melapor keberadaan nabi isa pada pemimpin yang ingin menangkap nabi isa as.

      Nabi isa blum mati,Allah menyelamatkan nabi isa,di sebuah tempat yang sangat aman untuknya,nabi isa akan kembali datang ke dunia ini di akhir zaman nanti,ia akan memberantas kaum yang selama ini menyembahnya,dan menganggapnya sebagai Tuhan,,mereka mengira bahwa nabi isa as akan menyelmatkan mereka,namun mereka keliru,nabi isa tidak sudih menyelamatkan kaum yang selama ini telah berbuat syirik,yaitu menuhankan beliau,padahal sudah jelas beliau mengajarkan untuk menyembah Allah semata.

      Dan sebagai penutup nabi isa as dan para pejuang muslim yang teguh pada agamanya yang akan berperang melawan dajjal laknatullah alaik,,nabi isa akan membunuh dajjal,dan itulah pintu dimana dunia ini akan berakhir,dan kita semua akan di sidang oleh yang Maha besar,Maha Agung yaitu Allah swt yang Maha Pencipta segala sesuatu..kita akan di sidang wahai hadirin,,maka sudah siapkah kita menghadapi persidangan tersebut,baik muslim maupun non muslim akan di sidang,hanya bedanya,telah tertulis jelas bahwa non muslim,atau kafir,persidangannya lebih cepat,karena telah tetap tempat kembali mereka yaitu neraka jahannam.
      Sedangkan muslim akan menghadapi persidangsn yang cukup panjang dan melelahkan,namun pada akhirnya jiks sang muslim tsb tidak pernah berbuat syirik pada Allah semasa dia hidup,maks dia akan mendapat trmpat kembali surga..wallahu a'lam

      Hapus
    2. Klo ayat itu menyesatkan. Setahu saya justru tulisan bhw Islam akan terpecah menjadi 69 dan yg masuk surga hanya 1 bagian. Sedangkan Yesus berkata,"Barang siapa percaya kpd Ku tdk akan binasa melainkan beroleh hidup yg kekal(surga)"

      Hapus
  15. sy pikir keyakinan beragama bebas ea, kebanyakan berpindah agama lantaran faktor ekonomy moral dan tidak ada pengetahuan plus iman.. kwkwkwkw

    BalasHapus
  16. Silahkan berargumen tapi jangan saling mengutuk karena lidah yang sama mengeluarkan kutuk dan berkah. Setiap apa yang kita tabur, itu juga yang akan dituai. Bertaqwalah kepada Tuhan Allah-mu yang memegang keadilan yang seadil-adilnya. Sallom Elohim, Assalamualaikum, wa Rahmatullahi wa barakatu

    BalasHapus
  17. dalam agama kita itu di ajarkan untuk menghormati dan menghargai perbedaan antara satu dengan lain bukan untuk memperdebatkan suatu perbedaan....
    maka dari itu salinglah menghargai karna manusia itu tidak ada yang sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju sekali, asal gak smpai masuk ke prinsip dan akidah kita (pribadi).

      Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  18. hay saya dwi.. saya islam,, saya tertarik dengan KOS, tertarik bukan dalam artian saya ingin menjadi pemelik KOS, tetapi saya tertarik dengan bagaimana KOS memperahankan kemurnian agamnya dari era awal agama mereka diturunkan oleh Tuhan hingga saat ini.. dan maaf bagi yang muslim, bukankah telah disebutkan dalam al quran bahwa "untukmu agamamu dan untukku agamaku".. jadi jika kalian para muslim masih menjelek-jelekan agama lain, menurut saya kadar ke-islam-an kalian masih kurang, kalian bisa menghina agama lain sedangkan kalian tidak mempelajari apa yang telah tercantumkan dalam Al Quran.. sungguh tidak bisa di logika hal seperti itu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir kak :)
      Saya juga maunya belajar juga tapi disini gak ada temennya..
      Makanya hanya jadi tulisan tulisan yang gak smpai ke inti. :)

      Hapus
    2. aku suka kok tulisan kamu, dari sekian link tentang kristen ortodoks, tulisan kamu yang paling aku suka :))

      Hapus
  19. Sebelumnya saya berterima kasih banyak sudah meluangkan waktu dan corat coret disini.

    Senang sekali rasanya bisa membuka lagi setelah sekian lama akun (gmail) saya diacak acak orang yang sangat sayang pada saya :)

    BalasHapus
  20. Dan..
    Saya lebih senang sekali ternyata komentar"nya gak fanatik dan monoton.
    Seperti dapat pembelajaran baru.

    BalasHapus
  21. Oh ya..
    Saya update KOS ini tahun 2011, kalo gak salah kapan hari (tahun ini 2015) muncul lagi di media media.
    Ada yang liat gak? :)


    Dan ada komunitas Kristen yang sudah mulai pakai kaos degan Logo (sablon depan) dengan Doa Utama (Abana) mereka dengan arabic letter (kaligrafi).

    BalasHapus
  22. wahai umat kristiani, coba kamu pikirkan dan buktikan salah satu , apa sisi negatif nya dari ajaran islam pada kehidupan sehari2. jawab dari hati anda yg paling jujur. contoh mengapa islam mewjibkan hal2 berikut: memakai jilbab(agar lelaki bisa mengontrol nafsu pda wanita yg bukan pasangan nya,tapi bagaiamana dg wanita kristen yg selalu mempamerkan bentuk tubuh nya sehingga menimbulkan pikiran kotor pd kaum lelaki. so islam itu simple tpi ferfect. allohu akbar..

    BalasHapus
  23. mungkin dari segi amaliah kita hampir sama. tapi, dari segi akidah tauhid kita jelas berbeda, mereka (KOS) memiliki 3 tuhan atau yang sering kita dengar trinitas, sedang kita memiliki 1 tuhan allah. jelas meraka hanya ingin merusak agama islam dengan agama mereka. dengan begitu sudah sangat jelas agama yang peling benar dan mungkin mereka non-muslim bahwasanya agama yang benar itu agama apa?.

    BalasHapus
  24. mungkin dari segi amaliah kita hampir sama. tapi, dari segi akidah tauhid kita jelas berbeda, mereka (KOS) memiliki 3 tuhan atau yang sering kita dengar trinitas, sedang kita memiliki 1 tuhan allah. jelas meraka hanya ingin merusak agama islam dengan agama mereka. dengan begitu sudah sangat jelas agama yang peling benar dan mungkin mereka non-muslim bahwasanya agama yang benar itu agama apa?.

    BalasHapus
  25. ini keren, hanya saja sempurnakanlah agamamu dengan Islam (berserah diri pada Allah)

    perbedaannya hanyalah pada ketauhidan
    Bahwa Allah tidak beranak pinak.... itu saja

    Sedangkan Allah maha pengasih dan penyayang bagi seluruh ummat yang rela merendahkan dirinya dihadapan Tuhannya...

    Semoga Allah memberkati kita semua Amien YRA

    BalasHapus
  26. Hanya bisa komen
    kalo sesuatu yang sudah bagus dan indah akan selalu di jelek-jelekan.Bisa lebih dari itu bahkan bisa di duplika/di buat plagiatnya dengan tujuan tertentu Berbeda dengan sesuatu yang kurang bagus akan di diamkan... udah puluhan atau mungkin ratusan taun islam selalu di guncang dengan hal" seperti ini.. mulai dari nabi palsu sampai dengan beberapa aturan yang di rubah oleh manusia untuk tujuan tertentu. Tapi ketauilah mereka akan tumbang pada waktunya..
    Ketauilah kemenangan umat islam sudah didepan mata setelah melalui rintanga berat dan panjan.. dan itu sudah di janjikan oleh allah swt.

    BalasHapus
  27. Yg satu mempertahankan A, yg lain B, yg senang org luar yg menjajah Indonesia... Tdk sadarkah kita bhw semua mobil, semua kendaraan yg di jalan adalah produk penjajah? Semua HP di kantong kita adalah produk penjajah? Hampir semua pakaian yg kita pakai juga berasal dr penjajah? Juga tempe, tahu, sebagian besar kedele dari luar negeri? Dan kita bertengkar soal agama terus... Di bwh pandangan mata yg disertai senyum manis para penjajah: Jepang, Korea, Eropa, Cina, Amerika, Vietnam, dst. Teruskan bertengkar. Jangan berhenti. Krn kalau kamu berhenti bertengkar, aku bisa kalah bersaing...

    BalasHapus
  28. Yg satu mempertahankan A, yg lain B, yg senang org luar yg menjajah Indonesia... Tdk sadarkah kita bhw semua mobil, semua kendaraan yg di jalan adalah produk penjajah? Semua HP di kantong kita adalah produk penjajah? Hampir semua pakaian yg kita pakai juga berasal dr penjajah? Juga tempe, tahu, sebagian besar kedele dari luar negeri? Dan kita bertengkar soal agama terus... Di bwh pandangan mata yg disertai senyum manis para penjajah: Jepang, Korea, Eropa, Cina, Amerika, Vietnam, dst. Teruskan bertengkar. Jangan berhenti. Krn kalau kamu berhenti bertengkar, aku bisa kalah bersaing...

    BalasHapus
  29. Muslim yg sebenarnya tidak mempersoalkan bagaimana pun cara orang beragama selama tidak mengganggu. Itulah yg diajarkan Islam dalam hakikat beragama dan itulah yg dimaksud dengan "lakum diinukum waliyadiin".

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Kalau Anda tdk paham, mengerti KOS dengan benar baik tdk usah menghujat deh. Banyak belajar sejarah deh...ini bukan sekte Kristen. Negara kita jelas mengatur dlm UUD pasal 29, tdk perlu sewot apa yg mrk lakukan.

    BalasHapus
  32. yg jelas Tuhan itu tidak beranak dan diperanakan..

    BalasHapus
  33. YANG JELAS HIDUP NKRI....MERDEKA,,, HIDUP PANCASILA BHINEKA TUNGGAL IKA..... GUYUB JON

    BalasHapus
  34. ada ajaran baru....
    bearti ada kitab baru dan nabi baru yaitu kesesatan yang ada.

    intinya adalah kita berpusat pada apa yang kita yakini.

    BalasHapus
  35. Sebagai bahan refleksi bagi kita semua, sudah sejauh mana kita menempatkan dan memposisikan ideologi agama kita berhadapan dengan umat beragama lain? Sanggupkah kita dengan rendah hati meletakkan (untuk sementara) keyakinan akan kebenaran agama kita untuk duduk bersama-sama berdialog dengan agama lain? Mampukah kita melihat pluralitas itu bukan saja sebagai masalah, tetapi suatu berkat?

    Mampukah kita menerima persamaan dan perbedaan dengan serius dan tulus? Dan mampukah kita menjadikan perjumpaan pribadi kita dengan orang yang beragama lain itu sebagai suatu tindakan harapan untuk mencapai transformasi diri? Dialog yang sesungguhnya tidak akan melunturkan iman kita tetapi justru akan saling menguatkan.

    BalasHapus
  36. yang tidak sesuai Al-qura'an dan hadits itu bukan ajaran islam. saya seorang muslim. saya tidak ambil pusing dengan ajaran yang mirip dengan ajaran islam itu, karena mirip itu bukan sama, jadi selama mereka tidak menggunakan label ISLAM silahkan saja. LAKUM DINUKUM WALIYADIN. lebih baik saya istiqomah mendalami islam saya agar bisa menyikapi sesuatu dengan ilmu pengetahuan bukan dengan emosi belaka.

    BalasHapus
  37. Kalau isa tuhan dan umatnya meyakini demikian mengapa kalian yg islam protes. Dimana pun ajaran dan bgaimana itu, umat yg menganut selalu menjadi pembenar.... klau alquran itu benar, itukan menurut pendapat n keyakinan yg kalian pilih....kenapa kalian yg islam menghujat dan seolah sok lebih tau tentang injil yg kami yakini.... coba gimana rasanya jika ada org lain yg bkn islam mengomentari kitab n imanmu?sakitkan,jadi sebaiknya kalian tutup mulut semua.... klau kalian memang disekolahkan sama org tua kalian, sikap orang yg akademis itu bkn tukang sumbar omongan bebal, menyiarkan ocehan busuk n tong kosong.... masak, mendalami kitab org lain saja tidak,,,kok bisa2 nya ngoceh....hanya org yg berotak minim yg bersikap seperti itu....jng pada bodoh dg mudah menelan perkataan kitab.... saring n buktikan, perlu tau n menyimak...bkn langsung mengimani... agama itu bnyk, klau gk teliti.... salah salah bkn malah jadi org benar menjadi penganut agama, malah hidup jdi gk karuan...tukang fitnah tanpa bukti...jngkan manusia, kitab sekalipun menuduh dan mengklaim org lain salah....tidak akan saya yakini langsung, sebelum saya teliti.... bgtu jg kalian....mentang percaya nabi muhammad...lalu masuk perut gitu aja....jangan bodoh sich jdi manusia.

    BalasHapus
  38. Kalo memang mereka benar2 memperdalam kitabnya (injil), adakah Yesus mengatakan bahwa dirinya Tuhan/Anak Tuhan?.

    Yesus berkata : " Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! " (ulangan 6:4) salah satu isi perjanjian lama ttg ke esaan Allah.

    Kalo di perjanjian baru silahkan buka :

    (Matius 4 : 10 1) (Markus 10 : 18 ; 12 : 29)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; k bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.(Yohanes 14:9)

      Hapus
    2. Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; k bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.(Yohanes 14:9)

      Hapus
  39. TO FAJAR WKWKWKWK COBA BUKTIKAN SECARA aRKEOLOGI BAHWA SI MAMAD PERNAH HIDUP DI ARAB..!!

    BalasHapus
  40. Semoga kita semua (yg ada di forum ini)&diluar forum ini hingga anak cucu keturunan kita sll diberi hidayah oleh Alloh,aamiin

    BalasHapus
  41. Bismillah
    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh...
    Ketahuilah islam adalah satu2nya agama yg diridhoi Allah subhanahu wa ta'ala dg segala kesempurnaan yg telah Allah azza wa jalla utus rasulnya utk menempurnakannya. Begitu banyak kebenaran tetang firman Allah dan sabda rasulullah tetang agama islam.dan apa bila kita merujuk kpd ajaran sebelum islam ya itu yg diajarkan oleh nabi isa allahisalam semua memerintahkan umatnya utk menyembah dan mengesakan 1 tuhan yaitu Allah jallajalaluhu...dan bgtu seterusnya sebelum nabi isa...hanya Allah yg berhak disembah tiada sesembahan lain selain Allah... Bukan maksud utk menghina ajaran agama lain tp jelas agama yg diterima disis Allah hanya islam...maka besyahadatlah wahai teman2 sekalian maka pasti Allah jamin surga utk mu seperti yg dijanji oleh Allah subhanahu wa ta'ala.namun didalam beragama tdk ada pakasaan,karena rasulullah shalallahu alaihi wasallam saja diperintahkan utk berlemah lembut dan tdk dg kekerasan dalam medakwahkan agama Allah.jd apa bila berita kebenaran telah sampai kpd teman2 diamanapun brda maka itu adalah salah satu tanda2 hidayah Allah menyapa maka raihlah sungguh islam membawa kita kpd surga Allah.dan ketahuilah wahai teman2 didalam kitab apapun dari seluruh agama tertulis nama nabi terakhir yaitu muhammad shalallahu alaihi wasallam sbg nabi terakhir,dan seluruh umat wajib utk beriman kpd beliau...sbg utusan Allah azza wa jalla.dan demi Allah nabi isa alaihisallam kelak akan meluruskan akidah bahwa tuhan itu hanya Allah bukan dia(isa) yg harus disembah...
    Sampai pada akhirnya sprt sabda rasulullah shalallahu alaihi wasallam stelah turunnya nabi isa alahiwasallam islam akan menang dan masuk kedalam rumah2 dan wajib beriman kdp Allah...(ditanda2 kiamat) kelak.wallahu A'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesungguhnya Allah tdk butuh agama. Yg DIA mau adalah agar manusia menaati FirmanNya. Sedangkan Yesus berkuasa atas hidup kekal. Kpd pengikutNya IA betsabda,"Aku kembali ke surga untuk menyediakan tempat bagi kamu". Yesus kembali ke surga (mikraj) yg disaksikan banyak orang, krn IA memang tdk berasal dari dunia. Yesus lah Hakim Agung akhir jaman yg akan menghakimi org yg hidup dan yg mati. Yg percaya kpd Nya dijamin ke surga dan yg tdk petcaya dihukum kekal di neraka. Yesus berkata,"Bertobatlah krn kerajaan surga sdh dekat, dan jng engkau tdk bertobat".

      Hapus
  42. KOS "mungkin" saja ajaran murni nabi Isa,sehingga banyak persaamaan dengan Islam...tapi perlu diingat bahwa kita tidak hidup di zaman nabi Isa,dalam keyakinan saya nabi Muhammad adalah nabi/rosul terakhir penerus nabi Isa as

    Wassalam

    BalasHapus
  43. Semoga ini bisa menambah wawasan, kalo yang gak setuju, ya silahkeun.
    Kita manusia diberikan kebebasan kok untuk memilih, dan setiap pilihan, memiliki konsekuensi masing2..
    Mohon maaf sebelumnya, saya akan mencoba menjawab sesuai beberapa pertanyaan sahabat2 disini..
    Knapa Kristen??
    Karna Kristen percaya, Surga itu MAHA SUCI, jadi tidak ada setitik "dosa"pun yang bisa masuk ke dalam Nya..
    Artinya, walopun seorang manusia seumur hidupnya berbuat kebaikan, belum tentu ketika beliau meninggal, diizinkan masuk Surga..Kenapa? karna manusia pertama Adam telah dikutuk akibat pelanggarannya, sehingga kita yaitu keturunannya, juga terkena dampak kutukan itu(artinya: tubuh daging manusia masih menyimpan kutuk turunan dari Adam..sehingga tidak bisa masuk Surga, walo sebaik apapun beliau..)BUKTINYA apa kutuk Adam menurun kepada kita sampai sekarang? buktinya, kita manusia pasti akan mati, sesuai kutukan ALLAH terhadap Adam dan keturunannya..NAH, karna ALLAH SWT juga Maha Adil, maka karna dosa awal dilakukan oleh manusia, maka yang "membersihkan" kutukan itu pun harus lah seorang manusia juga, namun karna tidak ada 1manusiapun, yang masih suci, yang Bisa menjadi "tumbal" membersihkan dosa Adam, maka ALLAH menuzulkan KhalimahNYA(FirmanNYA)yang adalah bagian dari Zat ALLAH SWT itu sendiri, untuk menjadi manusia (Sayidinna Isa Almasih), yang akan menjadi tumbal sebagai "pembersih" kutuk dosa..sehingga dengan demikian, ALLAH SWT tidak melanggar kodrat ZatNYA yang memang MAHA ADIL untuk seluruh ciptaanNYA..
    Dengan begitupun, maka "jalan" pulang menuju Surga yang sempat "hancur" karna ulah Adam, maka dengan matinya Sayidinna Isa Almasih secara ikhlas dan rela menjadi tumbal karna perbuatan manusia lain, maka "jalan" yang telah hancur itupun menjadi bagus kembali, sehingga setiap manusia yang percaya kepada pengorbanan akan kematianNYA, lalu mau dibaptis, serta melakukan semua perintah2NYA, maka kelak manusia itu akan dituntun dan dibela olehNYA ketika pengadilan akhir zaman kelak tiba, untuk tinggal di dalam SurgaNYA yang Maha Indah dan Kekal..AMIN YRA..

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya.
    Sdr. Iadies Only agamanya apa.?
    Aliran apa.?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  45. Balasan
    1. Hahaha.. iya saya kok malah lebih suka baca para komentatornya. 😊

      Terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  46. Slmet malam. Sya mau tanya. Dimalang dimana tempat kos saya sudah lama mndengar kristen ortodok. Tapi dimana saya bisa belajar kos.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Sebelum berbicara pahami benar apa sejarah agama yg sebenarnya. Dia alam semesta ini allah tidak ada membeda satu sama lain. Semuaa sama derajatnya. Yg mrmbuat perbedaan justru manusia dimuka bumi ini yg saling berlomba. Untuk
    Mencari kebenaran. Apakah ada yg tau cerita sesungguhnya. Kebanyakaan menyakini dan mencontek dari ayat dan hadist saja. Buka sejarah. Semua dihadapan allah sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sebaliknya, Alkitab justru yg dicontek krn Quran berkata bhw "Alkitab adalah induk dari alquran".Bgmn mungkin Alkitab yg diwahyukan jauh sebelum Islam bisa nyontek Alquran, klo sebaliknya kan justru mungkin demikian.

      Hapus
    2. salah bambang ngalah aja deh belajar sejarah sana kristen paling tua di dunia sedangkan islam muncul abad 6 masehi tu

      Hapus
  49. Alkitab sdh ada jauh sebelum Alquran ada, bgmn mungkin bisa dikatakan bhw Alkitab mencontek Alquran. Klo dibalik pasti bisa jadi mungkin, Alquran lah yg mencontek Alkitab. Krn ada tulisan yg menyebutkan bahwa induk dari Alquran adalah Alkitab. Mana yg mencontek? Yg lebih dulu ada atau yg ada kemudian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semua penganut agama Islam tahu bahwa Alkitab lebih dulu dari Alquran tapi semua kitab tidak boleh dibanding bandingkan karena itulah pedoman bagi penganutnya.

      Hapus
    2. Ya semua penganut agama Islam tahu bahwa Alkitab lebih dulu dari Alquran tapi semua kitab tidak boleh dibanding bandingkan karena itulah pedoman bagi penganutnya.

      Hapus
  50. tidak ada agama lain selain islam

    BalasHapus
  51. Apapun agamanya yang penting kita tetap pada agama kita masing2, setiap agama yang ada di dunia ini punya hak untuk agamanha. Jadi marilah saling menghargai satu sama lain

    BalasHapus
  52. Wahai penganut agama KOS kalian boleh menganut kepercayaan kalian yg penting sesama penganut beragama (menurut kepercayaan sendiri) tidak boleh saling mengganggu dan harus tetap rukun.

    BalasHapus
  53. Aduuu itu kan cma katanya, klo nggak thu sendiri ya nggak usah ngotot apalgi berkta yg jahat. Gtuuu.

    BalasHapus
  54. Aduuu itu kan cma katanya, klo nggak thu sendiri ya nggak usah ngotot apalgi berkta yg jahat. Gtuuu.

    BalasHapus
  55. Yesus adalah dari kaum bani israel yg berbahasa ibrani, mengapa injil pertama diturunkan dalam bahasa arab syria seperti diyakini KOS? Apakah 12 murid/rasul Yesus melakukan shalat yang sama seperti KOS menggunakan bahasa arab? #cumabertanya

    BalasHapus
  56. Goblok kalian yg dzholim dng agama org yg sebenarnya sudah ada sebelum islam ada...

    BalasHapus

ISIS

Negara Islam (di) Irak dan Syam  ( Bahasa Arab : الدولة الاسلامية في العراق والشام /  al-Dawlah al-Islāmīyah fī al-ʻIrāq wa-al-Shām ,  ...