Kamis, 31 Maret 2011

Pemandian Air Hangat Cangar

Perjalanan dari Kota Malang menuju Kota Batu tidaklah terlalu menantang. Jarak ± 20 KM bisa ditempuh dengan waktu 30 menitan. Namun, bukan daerah kota yang jadi target penjelajahan kita beberapa waktu lalu. Dari Kota Batu, perjalanan lanjut “naik” menuju lereng Gunung Arjuna. Cangar, begitulah lokasi ini dikenal.
Apa yang istimewa di daerah ini? Sebagaimana yang sudah muncul pada judul, pemandian air panas lah yang menjadi incaran kita. Yup, sebuah taman wisata yang lokasinya cukup terpencil, namun sangat ramai dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
Berada di kawasan hutan lindung “Taman Hutan Raya R. Soeryo”, pemandian ini memiliki daya tarik yang cukup besar. Tidak hanya pemandian air panasnya. Di sini terdapat beberapa objek refreshing yang menarik. Di samping itu pula, panorama keindahan alam juga akan memanjakan mata kita di sepanjang perjalanan.
Untuk sampai ke Taman Hutan Raya R. Soeryo, harus menempuh jarak ± 20 KM dari pusat Kota Batu. Jalan terjal menanjak menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang berkendara dengan motor/ mobil tua. Tidak ada angkutan umum yang melayani hingga lokasi ini. Kalaupun ada angkutan dari Terminal Batu, hanya sampai Desa Sumber Brantas (masih ± 5 KM lagi). Mungkin kalo di-loby, sopir akan mau mengantarkan.
Penjelajahan Seru
Jika kita masuk dari pintu masuk utama Taman Hutan Raya R. Soeryo, sebelum sampai pada lokasi pemandian kita akan menemukan sebuah jalan “jogging track”. Panjangnya sekitar 1,2 KM dengan medan yang lumayan menantang. Kita pun mencoba melaluinya, setelah beberapa kali ke sana tidak mencoba menikmati “rute” ini.
Luar biasa. Menarik memang, apa yang kita dapatkan selama perjalanan. Panorama alam yang sungguh bisa menunjukkan ke-Maha Kuasa-nya Sang Pencipta. Ya, di samping untuk keakraban kita. Perjalanan selama 1 jam lebih itu berakhir di mulut Gua Jepang (begitu biasanya disebut).
Mandi Air Panas
Capek setelah jalan kaki, dengan medan cukup melelahkan, akhirnya kita memutuskan untuk “membasahi” diri dengan kehangatan air, tentunya setelah beberapa saat memeras keringat. Kolam utama (paling besar), menjadi sasaran kita untuk yang pertama. Di lokasi ini terdapat 3 kolam dengan tingkat “panas” air yang berbeda. Kolam utama yang terbagi 2 kedalaman (untuk dewasa dan anak-anak) mempunyai tingkat panas yang paling rendah. Kolam “sedang”, tingkat panasnya tidak terlalu tinggi. Pada kolam ini, ada bagian khusus untuk perempuan. Sedangkan pada bagian sumber, tingkat panasnya luar biasa. Biasanya, untuk masuk ke kolam ini, pengunjung terlebih dahulu melakukan “pemanasan” pada kolam “sedang”. Aroma belerang terasa sangat menyengat di kolam sumber.
Tak terasa sudah 4 jam lebih kita berada di lokasi pemandian air panas Cangar. Matahari seperti sudah berada di atas kepala, walaupun tak terasa panas. Langkah selanjutnya, balik menuju tempat parkir dan pulang. Namun karena perut keroncongan karena belum sarapan, sejenak kita berhenti membeli dan menyantap pisang goreng dan beberapa jenis makanan “gorengan”. Tak lupa pula untuk narsis :D (walaupun sedari tadi sudah pada pamer muka)
Taman Hutan Raya R. Soeryo dan Pemandian Air Panas Cangar. Sebuah objek wisata “sederhana” yang patut Anda coba. Menyenangkan dan cukup menantang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISIS

Negara Islam (di) Irak dan Syam  ( Bahasa Arab : الدولة الاسلامية في العراق والشام /  al-Dawlah al-Islāmīyah fī al-ʻIrāq wa-al-Shām ,  ...